Taman Nasional Kerinci Seblat | Objek Wisata di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan taman nasional terbesar yang ada di Sumatera yang mencakup empat Provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Taman Nasional Kerinci Seblat ini terdiri dari Pegunungan, Perbukitan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera yakni Gunung Kerinci dengan ketinggian mencapai 3.805 meter diatas permukaan laut.

Cuplikan Peta Lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)
Cuplikan Peta Lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)
Di taman Nasional ini terdapat mata air, mata air panas, sungai-sungai yang mengalir deras, air terjun, goa, dan danau tertinggi di Asia Tenggara  yakni Danau Gunung Tujuh. Taman Nasional ini juga memiliki beragam flora dan fauna, dan sekitar 4.000 spesies tumbuh-tumbuhan yang hidup di wilayah Taman Nasional ini termasuk bunga terbesar di Dunia yakni Bunga Rafflesia Arnoldi dan bunga bunga tertinggi di Dunia Titan Arum. 

Untuk Fauna yang ada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat ini antara lain Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu dan sekitar 370 spesies burung yang ada di Taman Nasional ini serta spesies-spesies hewan lainnya tak tersebutkan. Diterimanya warisan hutan hujan tropis Sumatera kedaftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, membuat Taman Nasional Kerinci Seblat juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Comments