Wisata Alam Geopark Merangin | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Merangin | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Wisata Alam Geopark merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Indonesia. Objek wisata di Kabupaten Merangin tidak kalah menariknya dengan objek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci. Bagi para pecinta alam tempat wisata yang satu ini sangat cocok karena keindahan objek Wisata Alam Geopark ini bisa di katakan tiada tara karena setiap pengunjung mengatakan demikian. Selain keindahan alamnya yang asri dan masih sangat alami, di tempat wisata yang satu ini terdapat fosil-fosil yang umurnya sudah mencapai ratusan tahun.
Karena hal tersebut UNESCO saat ini mulai melirik dan tertuju ke kawasan tersebut.

Objek Wisata Alam Geopark Merangin, Jambi Indonesia

Lokasi Wisata Alam Geopark

Wisata Alam Geopark berlokasi di Merangin Muara Karing, Desa Baru Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Merangin Objek wisata ini memiliki luas keseluruhannya kurang lebih mencapai 20.360 KM persegi. Bagi anda yang ingin berkunjung kelokasi Geopark, Anda bisa menempuh perjalanan dari Kota Bangko Kabupaten Merangin dan akan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Jika di tempauh dari Kota Jambi, Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 6 jam.

Setelah sampai di Lokasi Geopark, biasanya para pengunjung akan di pendu oleh beberapa atau sekelompok Pemuda Desa Baru Air Batu untuk melihat keindahan alam yang terdapat di Geopark biasanya di juluki keindahan alam yang tiada tara. Menurut Masyarakat setempat, sekelompok Pemuda tersebut merupakan Himpunan Masyarakat Peduli Alam atau sering disebut dengan (HAMPA), Himpunan ini didirikan pada tahun 2011. Himpunan tersebut secara bahu membahu untuk melakukan pengawasan terhadap Wisata Alam Geopark tersebut. Selain hal diatas mereka juga selalu mempromosikan dan menjaga keasrian tempat wisata tersebut, setiap ada pengunjung yang datang mereka siap untuk mendampingi.

Fosil-fosil Kayu Berumur 300 Juta Tahun

Yang sangat mencengangkan di tempat wisata yang satu ini, terdapat fosil-fosil kayu yang umurnya mencapai 300 juta tahun. Bukan hanya fosil kayu saja yang terdapat dikawasan tersebut, terdapat fosil kerang dan tumbuhan purba (masyarakat menyebutnya fosil daun). Fosil ini terdapat di pinggiran sungai dan menambah keindahan bila di nikmati sambil menjeram di sungai tersebut. Ditambah lagi suara burung yang lantang nan merdu di balik pepohonan yang rindang menambah suasana alam  semakin dalam.

Fosil Kayu Yang Berubah Menjadi Batu

Fosil yang berada di Objek Wisata Alam Geopark tersebut sebenarnya sudah di temukan sejak zaman penjajahan. Namun penelitian kembali di lakukan sejak adanya Program Geopark beberapa tahun yang lalu. Karena hal tersebut maka disusul kembali penelitiannya dan nyatanya masih ada dan terjaga dengan baik, tidak ada perubahan posisi yang signifikan dan bisa dikatakan masih tetap di posisi yang semula seperti pada waktu awal penemuan. Semua itu berkat kearifan masyarakat yang senantiasa menjaga warisan alam yang sangat berharga ini.

Fasilitas yang terdapat di Geopark Merangin

Aktivitas Arung Jeram Geopark Merangin

Terdapat fasilitas seperti tempat parkir, toilet dan juga mushola yang terdapat di Desa Baru Air Batu. Selain itu, terdapat pula fasilitas bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas arung jeram, wisatawan bisa menyewa perahu karet dengan biaya sebesar Rp.600.000 untuk 5 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk jasa guide yang akan menemani selama berarung jeram dari tik star hingga finish. Selain itu, terdapat pula beberapa homestay yang meskipun tidak terlalu mewah namun cukup nyaman untuk menginap. Jika ingin mencicipi kuliner khas Jambi wisatawan bisa menjumpainya di Desa Baru Air Batu.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, jika ada salah kata atau kalimat dalam penulisan saya, saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Kunjungan anda merupakan sebuah penyemangat buat kami. 

Comments