Rawa Bento Kerinci, Menikmati Keindahan Alam Pesona Rawa Bento, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Rawa Bento merupakan sebuah objek wisata yang cukup diminati oleh wisatawan lokal, dengan pemandangan Gunung Kerinci, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam sambil memancing "jika anda hobi memancing". Mengabadikan moment dengan berfoto-foto, pasti tidak lepas dari setiap wisatawan yang datang.

Rawa Bento Kerinci
Rawa Bento Kerinci

Wisata Alam Kerinci

Rawa Bento adalah sebuah rawa yang memiliki keanekaragaman satwa liar yang hidup di kaki Gunung Kerinci. Keindahan alam yang menjadi andalan Kabupaten Kerinci merupakan suatu anugrah yang harus kita jaga dan lestarikan. Alam Kerinci mempunyai banyak tempat-tempat wisata yang masih tersembunyi dan terjaga keasliannya. Panorama alam yang menakjubkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dari sekian banyak tempat wisata di Kerinci, yang akan kami bahas disini adalah salah satunya yaitu wisata Rawa Bento. 

Lokasi Rawa Bento

Rawa Bento berada di Provinsi Jambi, lokasi tepatnya terletak di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro. Kabupaten Kerinci. Rawa Bento dengan pusat Kota Sungai Penuh berjarak kurang lebih 44 kilometer. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi baik roda dua maupun roda empat. Perjalanan dari pusat Kota Sungai Penuh menuju Desa Kersik Tuo akan memakan waktu kurang lebih 2 jam tergantung situasi selama di perjalanan, kalo lancar bisa satu jam.

Setelah sampai di Desa Kersik Tuo, wisatawan akan melanjutkan perjalanan dengan melewati sunagi Rawa Bento. Disini wisatawan bisa menyewa perahu milik masyarakat setempat dan mereka dengan senang hati akan mengantar anda sampai ketujuan. Karena akses jalan hanya bisa menggunakan perahu sedangkan pendangkalan sungai sering terjadi, akibatnya akses dengan perahu menjadi terkendala. Diharapkan pemerintah setempat bisa segera menormalisasikan sungai, agar wisatawan lebih mudah untuk menuju rawa bento.

Menyusuri Rawa Bento Kerinci
Menyusuri Rawa Bento Kerinci

Menikmati Keindahan Alam Pesona Rawa Bento

Rawa Bento berada di ketinggian kurang lebih 1.300 meter diatas permukaan laut, dan luasnya kurang lebih 1.000 hektar. Dari ketinggian ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Pengunjung bisa mengabadikan moment dengan mengambil beberapa gambar menggunakan camera anda. Karena pemandangan yang mengagumkan dengan background Gunung Kerinci terlihat dari Rawa Bento.

Menikmati keindahan Rawa Bento, bagi para wisatawan yang hobi memacing, bisa menikmati keindahan alam dengan memancing. Bagi penghobi fotografi khususnya untuk objek burung, disini bisa menjadi tempat yang bisa anda coba, karena di rawa ini terdapat berbagai macam jenis burung liar yang bisa dilihat dengan bebas.

Jika wisatawan ingin menyusuri Rawa Bento, bisa menggunakan kano yang sudah disediakan oleh masyarakat setempat. Selain keindahan alamnya, wisatawan akan disajikan berbagai spesies burung, ikan, ular, serta hewan liar lainnya. Apabila anda berada di Kerinci dan ingin berwisata di rawa-rawa atau sungai, Rawa Bento ini bisa menjadi alternatif wisata yang bisa anda kunjungi. Karena wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu tempat wisata menarik untuk anda.

Pesona Rawa Bento Kerinci
Pesona Rawa Bento Kerinci

Fasilitas Yang Ada di Rawa Bento

Untuk fasilitas di Rawa Bento ini terbilang masih sangat minim, karena belum ada fasilitas yang dibangun seperti, Mushola, tempat parkir, kamar mandi/toilet. Wisatawan bisa menemukan fasilitas tersebut di Desa terdekat yakni Desa Kersik Tuo ataupun Desa Jernih Jaya. Fasilitas seperti perahu ataupun kano yang ada di rawa tersebut adalah milik masyarakat setempat yang bisa disewa bagi pengunjung  yang ingin menggunakannya. Untuk masalah harga sewa perahu atau kano tersebut, sangat terjangkau.

Untuk penginapan/hotel, bagi anda yang dari luar daerah atau pulau bahkan luar negeri, jika wisatawan hendak mencari penginapan seperti homestay yang berdekatan dengan Rawa Bento, anda bisa mencarinya di Desa Kersik Tuo. Jika wisatawan mencari penginapan seperti hotel, anda bisa mencarinya di pusat Kota Sungai Penuh, disana terdapat banyak pilihan hotel yang bisa anda pilih.

Mungkin hanya itu yang dapat kami bagikan pada artikel ini. Apabila ada salah kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini mohon dimaafkan. Terimakasih sudah berkunjung diartikel ini. Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami. Sekian dan terimaksih. Silahkan lihat tempat wisata menarik lainnya dibawah artikel ini.

Comments