Goa Kasah Kerinci, Pesona, Misteri Goa Peninggalan Prasejarah, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Goa Kasah Kerinci merupakan sebuah goa yang terdapat di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Goa ini masih di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Goa Kasah ini merupakan sebuah goa yang menjadi peninggalan sejarah. Didalam goa terdapat beberapa lukisan atau ukiran di dinding goa serta batu yang menyerupai tempat duduk dan tempat tidur. Goa ini tidak lepas dari kisah misteri. 

Goa Kasah Kerinci
Goa Kasah Kerinci

Wisata Alam Kerinci

Kabupaten Kerinci merupakan sebuah Kabupaten yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta tempat-tempat wisata yang beraneka ragam jenisnya. Hamparan hutan, pegunungan serta perbukitan yang ikut menghiasi pesona alam kerinci. Panorama alam serta tempat-tempat wisata alam kerinci yang akan kami bahas kali ini adalah Goa Kasah Kerinci.

Lokasi Goa Kasah Kerinci

Goa Kasah ini berada di Provinsi Jambi, lokasi tepatnya berada di Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Jarak lokasi goa dengan pusat Kota Sungai Penuh kurang lebih 70 kolometer, jarak tempuhnya kurang lebih satu setengah jam tergantung situasi selama di perjalanan. Wisatawan harus melewati berbagai rintangan yang akan dihadapi selama diperjalanan sebelum mencapai goa ini.

Pesona Goa Kasah Kerinci
Pesona Goa Kasah Kerinci
Wisatawan yang hendak berkunjung ke Goa Kasah ini, sebaiknya menuju ke Desa Sungai Simpun terlebih dahulu karena Desa Renah Kasah kondisi jalannya hanya bisa dilalui dengan sepeda motor dan berjalan kaki. Kondisi jalan dari Desa Sungai Simpun menuju Desa Renah Kasah, wisatawan akan melewati berbagai medan jalan, muali dari jalanan yang ber rawa yang beralaskan papan, melewati persawahan penduduk, perkebunan warga serta perbukitan. 

Perjalanan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 1 jam tergantung situasi selama di perjalanan. Kalo dari pengalaman saya pribadi, waktu saya berkunjung ke Goa Kasah ini, perjalanan saya dari Desa Sungai Simpun ke Desa Renah Kasah hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit, namun tanpa istirahat, istirahat pun hanya berhenti minum kemudian lanjut jalan lagi.hehe

Berpetualang di Goa Kasah Kerinci
Berpetualang di Goa Kasah Kerinci

Berpetualangn di Goa Kasah Kerinci

Setelah wisatawan melewati berbagai macam medan jalan yang dilalui. Sebelum sampai dimulut goa, wisatawan harus menaiki jalur punggung bukit dengan medan yang cukup extreem, dimana jalur tersebut dipenuhi dengan bebatuan vulkanik. Hati-hati selama berjalan melalui bebatuan tersebut.

Wisatawan yang hobi berpetualang, terutama petualangan menyusuri goa. Tempat yang satu ini merupakan wisata goa yang bisa anda coba. Setelah memasuki goa ini wisatawan akan menemukan beberapa benda peninggalan masa prasejarah seperti lukisan atau ukiran di dinding goa, batu seperti tempat duduk dan tempat tidur.

Di mulut goa terdapat besi tralis yang di buat sebagai pintu masuk. Wisatawan yang masuk kedalam goa tidak boleh berdesak-desakan, harus satu persatu karena mulut goa terlalu sempit. Didalam goa akan terasa pengap dan suasana gelap yang mencekam akan menyambut pengunjung ketika berada didalam Goa Kasah ini.

Wisatawan sebaiknya menggunakan sepatu yang safety, karena kondisi tanah didalam goa cukup licin dan lembab. Minimnya pencahayaan serta udara yang dingin menambah suasana semakin mencekam. Jika wisatawan takut, tidak berani menyusuri Goa Kasah ini sendirian ataupun berkelompok, tersedia jasa pemandu yang bisa mengantar dan menemani anda selama di menyusuri goa.

Misteri Goa Kasah Kerinci

Goa Kasah Kerinci menjadi salah satu situs sejarah di Kerinci. Konon katanya pada zaman ribuan tahun yang lalu goa ini merupakan tempat tinggal para manusia purba. Lukisan di dinding goa di percaya bahwa peninggalan mereka. Terdapat juga tempat duduk serta tempat tidur yang berupa batu didalam goa merupakan tempat peristirahatan mereka.

Menurut masyarakat setempat goa ini ditemukan pada tahun sekitar 1960 an ketika melakukan pencarian lahan baru untuk berkebun/bercocok tanam. Panjang goa ini diperkirakan mencapai 150 meter, dan memiliki lebar kurang lebih 20 meter. Goa ini memiliki ruang utama yang cukup besar serta lorong-lorong gelap yang lebih kecil menuju ruangan lainnya.

Diruang utama goa ini terdapat sebuah kursi dari batu besar dan batu dengan permukaan datar, sehingga bisa meyakinkan dugaan masyarakat bahwa Goa Kasah ini pernah menjadi tempat tinggal manusia purba. Selain itu, keunikan dari goa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Goa Kasah dianggap keramat walaupun didalam goa terdapat burung walet beserta sarangnya yang mempunyai nilai jual tinggi masyarakat setempat tidak ada yang berani mengambilnya. Konon katanya bisa mendapatkan malapetaka ketika keluar dari goa. Berada didalam goa yang gelap dan pengap, suara burung dan kelalawar yang di iringi dengan suara tetesan air membuat suasana semakin mencekam.

Selepas dari misteri Goa Kasah Kerinci, Untuk fasilitas yang ada di goa kasah sangat minim. Namun jangan kawatir di Desa Renah Kasah wisatawan bisa menemukan fasilitas seperti mushola, rumah makan, homestay, jasa pemandu, dan tempat untuk menitipkan kendaraan. Goa Kasah ini merupakan tempat wisata goa yang terbuka untuk umum yang bisa anda dikunjungi.

Mungkin hanya itu yang dapat kami bagikan di artikel kali ini. Apabila ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan. Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini. Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami. Sekian dan terimakasih.


Comments