Goa Kelalawar Tebing Tinggi Kerinci, Pesona Goa Penuh Misteri, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Goa Kelalawar Tebing Tinggi Kerinci merupakan sebuah goa yang menjadi sarang gerombolan kelalawar liar. Goa ini merupakan goa vertikal yang memiliki sebuah kubah yang mirip dengan kubah Masjid. Goa kelalawar ini mempunyai kisah misteri yang masih di percayai oleh masyarakat sekitar.
Goa Kelalawar Tebing Tinggi Kerinci
Lorong Goa Kelalawar Tebing Tinggi

Wisata Alam Kerinci

Kerinci merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jambi, memiliki kawasan hutan lindung yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis satwa liar serta pepohonan maupun jenis lainnya yang di lindungi. Kawasan hutan lindung ini memiliki tempat-tempat wisata yang masih terjaga keasliannya salah satunya adalah Goa kelalawar Tebing Tinggi. Goa Kelalawar Tebing Tinggi merupakan kawasan Wisata Alam Kerinci yang berada di Provinsi Jambi, Lokasi tepatnya berada di Bukit Siru, Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci. Jarak dari Kota Sungai Penuh Kerinci menuju Desa Tebing Tinggi kurang lebih 15 kilometer. Jika dari Kota Jambi, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 6-10 jam tergantung situasi perjalanannya.
Setelah sampai di Desa Tebing Tinggi, kita akan melakukan perjalanan lagi melewati beberapa perkebunan masyarakat setempat kurang lebih 1 jam untuk sampai di Goa Tersebut.  Goa tersebut di beri nama Goa Kelalawar oleh masyarakat setempat, alasannya karena di dalam Goa tersebut terdapat Habitat Kelalawar yang jumlahnya cukup banyak. Goa ini terbentuk secara alami oleh proses fonomena alam. Setelah sampai di pintu Goa kita akan mendengar suara bising yang membuat kesan mistis dan serasa mimicu adrenalin. Suara bising tersebut adalah suara Kelalawar yang berada didalam Goa, dan mereka berterbangan seolah-olah merasa terusik oleh setiap pengunjung yang datang ke Goa tersebut.

Mulut Goa Kelalawar Tebing Tinggi Kerinci
Pintu Masuk Goa Kelalawar Tebing Tinggi

Cerita Rakyat Setempat

Menurut cerita rakyat mengenai Goa Kelalawar tersebut beraneka ragam, ada yang mengatakan Goa tersebut tembus ke Danau Kerinci, ada juga yang mengatakan Goa tersebut berujung di sungai yang hilang, dari cerita rakyat yang beraneka ragam tersebut bisa di simpulkan, hingga saat ini belum ada yang mengetahui berapa panjang dan kedalaman Goa tersebut, serta ujung Goa tersebut. Kesan mistis menurut cerita rakyat jika ada orang buang air kecil atau kencing di dalam atau di sekitaran Goa, maka orang tersebut tidak akan bisa kencing lagi selamanya kalo tidak segera di obati oleh paranormal. Masyarakat setempat ada yang mempercayai apabila ada pengunjung  yang melempar kayu atau batu kedalam Goa tersebut dengan tiba-tiba akan turun hujan panas atau cuaca panas tapi turun hujan rintik-rintik.

Sebenarnya masih banyak sekali kisah mistis yang belum kami utarakan. Setiap tempat-tempat yang berbau mistis pasti ada penunggunya, baik itu jin maupun mahluk gaib lainnya. Namun selepas dari hal tersebut kita boleh percaya atau tidak percaya, yang terpenting ketika kita berniat ingin berkunjung ke Goa Kelalawar tersebut niat kita harus baik, kemudian jaga sikap, jangan takabur ataupun bersikap sombong agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.
Kubah Goa Kelalawar Tebing Tinggi Kerinci
Kubah Goa Kelalawar Tebing Tinggi

Goa Kelalawar Tebing Tinggi

Goa Kelalawar ini merupakan Goa vertikal yang memiliki Gride antara 2-3 Gride. Bagi para petualang khususnya petualang Goa, Goa Kelalawar ini akan membuat anda penasaran. Untuk masuk kedalam Goa kita harus menggunakan peralatan Caving serta tali karena dari bibir Goa untuk menuju ke dasar pertama, kita harus turun melalui tebing batu yang sangat curam. 

Setelah sampai di dasar pertama kita akan melewati sebuah lobang/lorong Goa yang lebarnya hanya seukuran badan atau tubuh kita hingga mencapai kedalaman kurang lebih 150 meter. Kemudian kita akan menemukan sebuah ruangan kecil yang mempunyai banyak lorong. Sampai di kedalaman kurang lebih 300 meter suhu udara mulai terasa sangat dingin, kami hanya mampu sampai pada kedalaman tersebut karena peralatan tidak memadai. Untuk melanjutkan kembali harus mempunyai peralatan khusus Caving yang lengkap

Jika anda seorang petualang goa silahkan mencoba goa yang satu ini, perjuangan melewati lorong-lorong goa akan anda nikmati, menggali lorong jalur Goa agar tubuh kita bisa masuk merupakan sebuah perjalanan para petualang Goa yang benar-benar harus memiliki adrenalin yang tinggi. Di anjurkan gunakan peralatan yang lengkap jika anda berniat untuk menyusuri Goa tersebut.

Mungkin hanya itu yang dapat kami tulis di artikel ini, jika ada salah kata atau kalimat mohon di maafkan, dan terimakasih sudah berkunjung di artikel ini. Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami. Sekian dan Terimakasih. Untuk melihat tempat wisata lainnya, bisa dilihat dibawah postingan ini.

Comments