Danau Lingkat Kerinci, Pesona Danau Berkesan Mistis, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Danau Lingkat Kerinci merupakan tempat wisata alam yang berada di Provinsi Jambi, yang memiliki panorama keindahan alam yang eksotis. Pesona danau yang berkesan mistis menambah penasaran bagi para wisatawan. Danau Lingkat adalah salah satu wisata danau yang ada di Kabupaten Kerinci, dan masih banyak tempat-tempat Wisata Alam Kerinci lainnya yang tersembunyi.

Danau Lingkat Kerinci
Pesona Danau Lingkat Kerinci

Wisata Alam Kerinci

Bagi para wisatawan maupun para pencinta alam yang memiliki hobi masuk ke dalam hutan, mendaki gunung, ngebolang dan sebagainya. Ketika anda berkunjung ke Kabupaten Kerinci anda bisa mencoba ke tempat wisata yang satu ini (Danau Lingkat). Danau ini berada dipinggir hutan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau air tawar ini berada di ketinggian kurang lebih 1.100 meter diatas permukaan laut, dan luas danau kurang lebih 12 hektar. Untuk menuju wisata Danau Lingkat, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi, bisa menggunakan motor, mobil, ataupun angkutan umum.

Lokasi Danau Lingkat

Lokasi danau berada di provinsi jambi, lokasi tepatnya terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Selama di perjalanan memasuki daerah Lolo, Kecamatan Bukit Kerman dan Lempur, Kecamatan Gunung Raya, wisatawan bisa menyaksikan beberapa peninggalan sejarah perjuangan rakyat Kerinci di masa penjajahan Belanda, seperti bangunan tua masjid keramat pulau tengah yang dibangun pada abad ke 17, kemudian terdapat beberapa artefak peninggalan lainnya seperti benteng pertahanan pejuang kerinci, makam pejuang kerinci, dan masjid kuno yang berusia lebih dari 1 abad.

Setelah melakukan perjalanan dan melewati beberapa daerah kemudian sampailah di lokasi Danau Lingkat. Setelah sampai, wisatawan bisa menikmati keindahan danau dengan menggunakan rakit yang terbuat dari bambu. Berkeliling danau menggunakan rakit, wisatawan akan disajikan pemandangan alam yang eksotis. Dari permukaan air danau, wisatawan bisa melihat bebatuan yang berwarna warni yang berada di dasar danau.

Suara satwa liar yang saling bersahutan, baik itu burung, kera, dan primata serta jenis satwa liar lainnya yang menambah suasana alam menjadi benar-benar masih alami dan terjaga ke asliannya. Warna air Danau Lingkat berwarna hijau pekat, menurut penelitian, karena banyaknya jenis microalga yang hidup di danau tersebut. Microalga yang hidup ini terbagi menjadi 4 kelas, yaitu Cianophyceae yang terdapat 3 jenis, Bacillariophyceae terdapat 34 jenis, Dinophyceae terdapat 3 jenis, Chlorophyceae terdapat 8 jenis.

Pesona Danau Penuh Mistis
Kesan Mistis di Kawasan Danau Lingkat

Kesan Mistis Danau Lingkat

Selain memiliki panorama alam yang eksotis ternyata danau ini tidak lepas dari sisi mistis. Masyarakat setempat masih mempercayai sisi mistis yang ada di danau tersebut hingga saat ini. Suasana mistis akan terasa ketika berada di kawasan danau ini. Suasana yang tenang dan sunyi akan anda rasakan dan membuat kesan mistis semakin terasa auranya. Di tambah lagi air danau yang berwarna hijau pekat seolah-olah menjadi kesan magic. 

Jika wisatawan hendak berkunjung ke danau ini sebaiknya jaga sikap dan omongan, jangan takabur. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan selama di perjalanan hingga sampai dan kembali kerumah masing-masing. Baiklah, mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan di artikel ini, apabila ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan. Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami.


Comments