Danau Gunung Tujuh Kerinci, Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Panorama Keindahan Danau di Atas Gunung, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Danau Gunung Tujuh Kerinci merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh tujuh gunung. Panorama danau yang menakjubkan menjadi incaran bagi para wisatawan. Danau ini merupakan danau tertinggi di Asia tenggara.

Danau Gunung Tujuh Kerinci
Panorama Danau Gunung Tujuh

Wisata Alam Kerinci

Danau Gunung Tujuh merupakan sebuah danau yang tergolong kedalam danau vulkanik, danau ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau tersebut terbentuk akibat adanya aktivitas Gunung Berapi pada ratusan ribu tahun yang lalu. Pada saat gunung berapi meletus, letusan tersebut menciptakan sebuah lubang kawah yang besar, sehingga dari waktu ke waktu hingga tahun ke tahun lubang tersebut terisi air hujan secara alami. Dalam kurun waktu yang cukup lama, akhirnya air hujan yang turun memenuhi lubang kawah tersebut. Akibat proses alam yang terjadi dengan cara yang sedemikian rupa, yang tadinya sebuah kawah letusan gunung akhirnya menjadi sebuah danau.

Wisata Alam Kerinci Danau Gunung Tujuh berada di Provinsi Jambi, lokasi tepatnya terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci. Jarak dari pusat Kota Sungai Penuh Kerinci menuju lokasi Danau Gunung Tujuh berjarak kurang lebih 54 kilometer. Jika wisatawan berangkat dari Kota Sungai Penuh menuju danau tersebut akan memakan waktu kurang lebih 1-2 jam tergantung situasi perjalanan. Perjalanan tersebut bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkot ataupun kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor.

Setelah sampai di Desa Pelompek, perjalanan akan dimulai dari pos pendakian Gunung Tujuh. Setiap pengunjung harus membayar biaya retribusi dan masing-masing individu harus mengisi data diri atau identitas diri sebelum melakukan pendakian. Setelah proses tersebut selesai, perjalanan menuju danau pun dimulai. Untuk menuju danau ini, Wisatawan akan melewati trecking serta medan yang tidak terlalu berat, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Sebenarnya ada dua jalur jalan untuk menuju Danau gunung Tujuh. Namun kebanyakan dari mereka lebih memilih melewati jalur yang jarak tempuhnya saya sebutkan diatas. Soalnya gak ada nama jalannya,,hehe 

Wisatawan akan menghadapi rintangan pendakian melewati jalur menanjak serta tanah dan bebatuan yang licin selama di perjalanan menuju danau tersebut. Di perjalanan wisatawan akan di suguhkan pemandangan perbukitan dan hutan serta perkebunan hamparan ladang milik masyarakat setempat. Demi mencapai puncak danau tersebut dan menikmati keindahannya, wisatawan harus melewati hutan lebat yang rimbun yang masih dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Apakah wisatawan sudah tahu kalo Danau Gunung Tujuh ini tercatat sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara, dan merupakan danau terbesar setelah Danua Toba.

Panorama Danau Gunung Tujuh Kerinci
Keindahan Danau Gunung Tujuh

Kekayaan Alam Kerinci memiliki keindahan alam yang seolah-olah menjadi sebuah surga. Dataran tinggi alam kerinci menjadi sebuah dataran yang di sukai para pecinta alam bahkan sebuah dataran yang paling diburu oleh para pecinta alam. Di sekeliling Danau Gunung Tujuh terlihat deretan gunung, perbukitan/bukit serta air terjun yang membuat pesona keindahan alam mampu menghipnotis mata yang melihatnya. Air danau yang begitu jernih, hutan yang lestari, pemandangan yang eksotis serta hawa sejuk dingin yang menambah daya tarik danau tersebut.

Danau Tertinggi di Asia Tenggara

Danau Gunung Tujuh berada di ketinggian kurang lebih 1.950 meter diatas permukaan laut dan memilki luas kurang lebih 12.000 hektar serta kedalamannya yang mencapai kurang lebih 40 meter. Karena ketinggian yang dimiliki danau tersebut, danau ini tercatat ke dalam golongan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini mengaliri sebagian besar persawahan serta perkebunan dan ladang milik masyarakat yang berada di Kabupaten Kerinci. Danu ini juga mengaliri sungai-sungai besar yang ada di Kabupaten Kerinci salah satunya adalah sungai air terjun telun berasap. Selain hal tersebut danau ini juga di jadikan sebagai sumber air yang digunakan dan dimanfaatkan sebagai PDAM di Kabupaten Kerinci. Karena air danau tersebut sangat jernih, pernah sempat dilakukan penelitian yang menyatakan bahwa, air danau tersebut merupakan air baku terbaik di Asia Tenggara.

Panorama Keindahan Danau

Panorama Keindahan Danau Gunung Tujuh ini akan membuat anda terpukau karena pemandangan danau yang eksotis, wisatawan akan melihat sebuah danau yang dikelilingi oleh tujuh gunung, dimana tujuh gunung tersebut secara alami menambah dan mempercantik panorama keindahan yang ada di danau ini. Wisatawan bisa menikmati keindahan danau ini dengan berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang biasanya digunakan untuk mencari ikan oleh masyarakat setempat.

Di Danau ini terdapat batu-batu besar serta hamparan pasir yang berada di tepi danau, jika wisatawan ingin mengabadikan moment berfoto-foto bisa dilakukan disitu. Agar bisa mendapatkan hasil jepretan camera yang sempurna dan sesuai dengan keinginan, wisatawan bisa memilih sendiri spot-spot lokasi berfoto yang bagus di sekitar danau. Selepas dari itu, biasanya pemandangan keindahan panorama danau yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan biasanya ketika matahari terbit dan tenggelam lagi.hehe😀

Jika wisatawan ingin mandi di danau ini silahkan saja asalkan kuat menahan dinginnya air danau ini,hehe, air danau ini sangat dingin karena berada di ketinggian hampir mencapai 2.000 meter diatas permukaan laut. Bagi para penghobi fotografi, danau ini bisa menjadi tujuan hunting foto yang rekomended. Panorama yang dimiliki danau ini terdapat begitu banyak keindahan alam yang bisa di abadikan menggunakan camera, baik itu menggunakan camera fotografi atapun camera Hp. Kalo saya kemaren cuma pakai camera Hp 😁hikhik

Bagi wisatawan yang ingin berkemah atau bermalam di Danau Gunung Tujuh silahkan saja tidak ada larangan asalkan jangan berbuat yang tidak baik dan jangan takabur. Kebanyakan wisatawan yang bermalam di danau tersebut ingin menikmati keindahan danau pada malam hari, dan yang pasti akan mendapatkan pengalaman yang menarik selama bercamping, walaupun hanya dari hal yang terkecil seperti, saat-saat malam telah tiba, kamu akan mencari kayu kering disekitarmu kemudian kamu bakar kayu tersebut menjadi api unggun kecil yang bisa menghangatkan tubuhmu. Soalnya cuaca di danau ini sangat dingin apalagi kalo malam hari..hehe

Sebuah Mitos Danau Gunung Tujuh

Masyarakat setempat mempercayai bahwa danau tersebut merupakan danau keramat. Sebuat mitos yang ada di bawah danau ini. Konon katanya dibawah danau ini terdapat sepasang naga gaib yang tinggal di bawah danau, selain itu terdapat juga kisah manusia kerdil yang tingginya hanya 50cm berada disekitar danau. Konon katanya manusia kerdil ini bisa menghilang secepat kilat, menurut beberapa orang yang mengatakan pernah melihatnya. Para sesepun di desa sekitar danau tersebut mempercayai bahwa ada dua mahluk tak kasat mata yang tinggal di Danau Gunung Tujuh dan mahluk tersebut mereka namai sebagai Lbei Sakti dan Sri Menanti. Mahluk tak kasat mata tersebut dipercaya mempunyai pasukan gaib yang berwujud harimau. Dari kisah mitos diatas, anda boleh percaya maupun tidak percaya, yang terpenting jangan takabur, karena kita hidup sebenarnya berdampingan dengan makluk gaib, contohnya jin dan kawan-kawannya. hehe

Baiklah mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. Apabila ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan, dan terimakasih sudah berkunjung di artikel ini. Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami. Untuk melihat tempat wisata lainnya, bisa anda lihat dibawah postingan ini.

Comments

  1. Bagus banget artikelnya.. danau ini ada di daerah saya..trus ekplor tempat wisata kerinci nya ya.. biar makin populer.

    ReplyDelete
  2. Wih keren wisata danau kerinci ini, memang Indonesia banyak menyimpan tempat - tempat wisata yang mempesona.

    ReplyDelete

Post a Comment