Danau Duo Kerinci, Pesona Danau Tidak Bermuara Dan Tak Berhulu, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Danau Duo Kerinci merupakan sebuah danau yang tidak bermuara dan tak berhulu. Sumber air danau berasal dari resapan air gunung batuah. Karena keunikannya danau ini menjadi tempat wisata yang menjadi incaran para pencinta alam dan wisatawan. Selain mempunyai keunikan, danau ini juga mempunyai keindahan alam yang eksotis, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Danau Duo Kerinci
Danau Duo Kerinci

Wisata Alam Kerinci

Kabupaten Kerinci mempunyai hamparan hutan, yang menyimpan keindahan alam dan tempat-tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Danau Duo, danau ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya danau yang ada di Kabupaten Kerinci. Danau ini menawarkan pesona alam yang menawan.

Lokasi Danau Duo

Lokasi danau ini berada di Provinsi Jambi, lokasi tepatnya berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Jarak Danau Duo dengan pusat kota (Kota Sungai Penuh) kurang lebih 40 kilometer. Danau ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 1.500 meter diatas permukaan laut. Jalan menuju danau ini bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. 

Untuk kondisi jalannya, belum di aspal dengan sempurna, namun medan jalannya tidak terlalu berat pasti wisatawan bisa melaluinya dengan mudah, apalagi menggukan motor cross. Wisatawan yang hobi motor cross akan merasakan sensasi yang berbeda di perjalanan, hehe. Karena itu, wisatawan yang hendak berkunjung ke danau ini bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, jika menggunakan angkutan umum wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Karena angkutan umum tidak sampai ke lokasi danau.hehe

Jika wisatawan star dari pusat kota Sungai Penuh menuju Kecamatan Gunung Raya (Lokasi Danau Duo) hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Setelah sampai di Lempur wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek (jika tidak menggunakan kendaraan pribadi), jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju kelokasi danau, dan jaraknya dari simpang empat Lempur tidak terlalu jauh, kurang lebih hanya 8 kilometer.

Menikmati Keindahan Danau Duo
Menikmati Keindahan Danau Duo

Menikmati Keindahan Danau Duo

Selama menempuh perjalanan 8 kilometer seperti yang dijelaskan diatas, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan ladang atau perkebunan milik masyarakat sekitar dan melewati kaki gunung batuah. Aroma khas kayu manis akan menjadi rileksasi tersendiri bagi wisatawan. Karena disekeliling Danau Duo ini terdapat perkebunan kayu manis yang ditanam oleh penduduk setempat. Dinginnya udara ketika angin berhempus seakan-akan menyapa kita. 

Untuk menikmati keindahan danau duo ini, wisatawan bisa berkeliling danau dengan rakit bambu. Rakit bambu ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai alat transportasi menuju ladang/perkebunan. Jika hendak berkeliling danau supaya aman, disarankan sebaiknya bersama yang punya rakit atau yang sudah ahli, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Mungkin hanya itu yang dapat kami bagikan di artikel ini. Apabila ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan, dan terimakasih sudah berkunjung di artikel ini. Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami.

Comments