Danau Belibis Kerinci, Pesona Danau Penuh Misteri, Wisata Alam Kerinci | Tempat Wisata Alam di Kabupaten Kerinci | Objek Wisata Provinsi Jambi | Objek Wisata Indonesia

Danau Belibis Kerinci merupakan sebuah danau yang menjadi tempat berkumpulnya gerombolan burung belibis. Memiliki panorama yang indah dengan background Gunung Kerici. Dibalik itu semua, ternyata danau ini memiliki kisah misteri yang hingga saat ini masih dipercayai oleh masyarakat sekitar.
Pesona Keindahan Danau Belibis Kerinci
Liburan Ke Danau Belibis Kerinci

Wisata Alam Kerinci

Danau Belibis adalah salah satu danau yang berada di dataran tinggi di kaki Gunung Kerinci dan terdapat hutan rimbun yang menyelimuti danau tersebut. Wisata Alam Kerinci menyajikan tempat-tempat wisata alam yang menarik dan mempesona. Terdapat kawasan hutan yang dilindungi yang masuk kedalam Taman Nasional Kerinci Seblat. Panorama dan Keindahan Alam Kerinci yang masih terjaga ke asliannya menjadi tempat wisata alam yang alami dan natural. Masih banyak tempat-tempat wisata tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang masih belum ter ekplor.

Lokasi Danau Belibis

Danau Belibis berada di Provinsi Jambi, lokasi tepatnya terletak di Kabupaten Kerinci, Kecamatan Kayu Aro Barat. Dari pusat kota 'Kota Sungai Penuh Kerinci' menuju lokasi Danau Belibis berjarak kurang lebih 43 kilometer. Apabila ada wisatawan yang ingin berkunjung ke danau tersebut maka harus menempuh perjalanan kurang lebih 1-2 jam jika starnya dari pusat kota dan tergantung situasi selama di perjalanan. Ada beberapa rute yang bisa dilalui untuk menuju ke danau ini, wisatawan bisa melalui rute melewati Desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru dan Desa Giri Mulyo, silahkan dipilih mau melalui jalur rute yang mana yang ingin di tempuh oleh wisatawan.

Untuk tempat wisata yang satu ini, wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Belibis, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, soalnya di daerah tersebut sangat sulit untuk mendapatkan kendaraan angkutan umum. Namun tidak ada larangan untuk wisatawan jika ingin menggunakan angkutan umum. Setelah sampai dilokasi danau, karena akses jalan menuju danau belum memadai, untuk sampai ke danau tersebut, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati perkebunan milik masyarakat setempat dan hutan lebat.

Lokasi Danau Belibis Terlihat Dari Puncak Gunung Kerinci
Penampakan Danau Belibis Dari Puncak Gunung Kerinci

Keindahan Danau Belibis

Daerah dengan julukan Sepenggal Tanah Surga ini, menyimpan berbagai macam tempat wisata alam, hutan, air terjun, danau, gunung, bukit serta satwa liar dan sebagainya, sehingga hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain terkenal dengan Gunung Kerinci nya, daerah ini mmiliki tempat wisata yang unik yang sesuai dengan judul pembahasannya yakni Danau Belibis.

Danau Belibis memiliki keindahan tersendiri yang terbilang unik, bagi para wisatawan yang beruntung akan melihat keindahan gerobolan burung Belibis yang bertebaran di permukaan danau. Namun bukan hanya itu, ada juga satwa liar lainnya seperti kera, burung liar, monyet dan lain sebagainya. Udara yang begitu alami dan segar serta pemandangan hutan yang natural bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung. Hutan tersebut merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Untuk di danau yang satu ini sebaiknya para wisatawan jangan berenang ataupun mandi, karena cukup berbahaya, "teguran dari warga setempat".

Danau Belibis berada di kaki Gunung Kerinci dengan ketinggian kurang lebih 1000 meter diatas permukaan laut. Sedangkan luasnya kurang lebih 2 hektar. Dari danau ini para wisatawan bisa melihat dengan jelas Gunung Kerinci yang tegap berdiri kokoh. Danau ini merupakan danau air tawar yang menjadi sumber air minum bagi satwa liar yang ada di sekitarnya dan danau ini tidak pernah mengalami kekeringan walaupun pada musim kemarau.

Pesona Danau Penuh Misteri

Danau Belibis memiliki pesona keindahan panorama alam yang menakjubkan seperti yang disampaikan diatas. Selain Pesonanya yang indah, danau ini memiliki misteri yang hingga saat ini masih di percayai. Konon katanya ada sebuah cerita yang menyatakan bahwa, gerombolan Burung Belibis yang berada di sekitar danau tersebut merupakan jelmaan dari manusia atau orang-orang yang pernah berkunjung ke danai ini tapi tidak pernah kembali lagi. Cerita kisah ini terjadi sebelum perkebunan teh di buka oleh pemerintah Hindia Belanda. Sebenarnya bukan hanya itu saja cerita misteri dari Danau Belibis ini, masih banyak versi lainnya yang akan membuat merinding.

Danau Belibis
Danau Belibis Punya Misteri
Padahal kisah ini cukup menyeramkan, banyak masyarakat sekitar yang mempercayai kisah misteri tersebut sehingga tidak ada yang berani untuk pergi berkunjung ke danau tersebut. Namun dari kisah-kisah misteri yang menyelimuti danau ini, justru mengundang rasa penasaran bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke danau tersebut. Bukan hanya keindahan danau, masyarakat setempat menganggap danau ini bukan hanya sekedar danau, ada juga yang menganggap danau ini bukan sembarang danau, melainkan sebuah bagian sejarah di tanah Kerinci.

Mengabadikan Moment Dengan Berfoto 

Para wisatawan yang hobi berfoto bebas mengambil atau memfoto gambar pemandangan yang ada di sekitar Danau Belibis. Wisatawan bisa berfoto-foto dengan pemandangan Gunung Kerinci serta pemandangan yang eksotis lainnya. Bagi wisatawan yang berkecimpung di bidang fotografer, danau ini sangat cocok untuk mereka yang hobi memotret, karena danau ini memiliki banyak sekali panorama alam yang mempesona, natural dan masih sangat alami. Ditambah lagi dengan background yang menakjubkan yakni Gunung Kerinci, yang akan membuat hasil foto semakin meyakinkan.

Fasilitas Yang Ada di Danau Belibis

Untuk fasilitas di danau ini sangat minim, karena tidak akan ditemukan fasilitas seperti halnya kamar mandi, tempat sholat, penginapan serta yang lainnya yang nanti akan dilihat sendriri oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke danau tersebut. Fasilaitas jalan yang belum memadai, wisatawan harus melalui jalan setapak dengan berjalan kaki karena jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Fasilatas tempat berbelanja sepeti toko/warung atau pedagang yang berjualan di sekitar Danau Belibis sangat sulit untuk ditemukan. Karena itu disarankan agar membawa bekal sendiri dan mempersiapkannya sebelum hendak berkunjung ke danau ini. Untuk wisatawan yang mencari penginapan bisa mencarinya di daerah Kersik Tuo kabarnya sudah ada penginapan di daerah tersebut. Jika tidak ditemukan penginapan di didaerah tersebut, wisatawan bisa menuju ke Pusat Kota yakni Kota Sungai Penuh, disini terdapat banyak penginapan yang bisa anda cari dengan mudah. 

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini. Silahkan lihat postingan lainnya di bawah artikel ini, siapa tahu anda tertarik. Terlepa dari itu, Apabila ada salah kata atau kalimat didalam artikel ini mohon dimaafkan, dan terimakasih sudah berkunjung di artikel ini. Kunjungan anda adalah penyemangat buat kami.

Comments