Banjir Melanda Kota Sungai Penuh Kerinci

Sungai Penuh Kerinci

Musim hujan merupakan hal biasa, setiap tahunnya pasti ada bulan-bulan tertentu yang terdapat turun hujan hingga mengakibatkan banjir. Banjir juga merupakan hal yang sulit untuk dihindarkan jika dilihat dari perilaku manusia itu sendiri, sebagai contoh penebangan hutan elegal yang saat sekarang ini sudah mulai berhamburan dimana-mana, (manusia yang melakukannya bukan hewan), sehingga  mengakibatkan hutan menjadi gundul. Secara tidak langsung penebangan hutan secara ilegal menjadi dampak terhadap keberlangsungan hidup habitat yang ada di hutan tersebut.

Musim Hujan

Jika musim hujan tiba, jika hutan sudah gundul pasti yang terjadi kalo tidak longsong ya banjir. Kenapa demikian, secara sederhananya air diserap tanah kemudian hutan juga menyerap air yang diserap tanah tersebut, dan hutan menahan tanah agar tidak terjadi longsor dan banjir. Itu hanya penjelasan orang awam seperti saya. Jika anda lebih tahu soal ini silahkan berikan kritik serta saran di kolom komentar di bawah artikel ini.

Gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh lagi, dimana jalan umum (jalan cor) yang baru dibangun dengan ketinggian yang sudah ditentukan agar jika musim hujan tidak terkena banjir, namun nyatanya banjir tetap tidak bisa dihindarkan juga, dan jalan tersebut tenggelam sedalam 1 meter. Dengan ketinggian yang tidak mungkin di lalui kendaraan bermotor, namun masih ada juga yang nekad untuk melaluinya, namun akhirnya mesin mati di pertengahan jalan tersebut.
Jalan Cor Kota Sungai Penuh Terendam Banjir

Semua di sebabkan oleh ulah manusia sendiri, sebagai contoh kecil lagi, membuang sampah. Membuang sampah tidak pada tempatnya dan kebanyakan masyarakat yang hidup didekat sungai menjadikan sungai tersebut menjadi tempat sampah atau tong sampah raksasa. Dengan hal yang demikian maka dampaknya sangat berbahaya bagi lingkunga yang kesehariannya menggunakan air sungai untuk mandi, nyuci baju dan lain-lain. Jika sungai dipenuhi dengan sampah maka yang terjadi bisa anda simpulkan sendiri.

Gambar di atas merupakan jalan yang ada di Kota Sungai Penuh Kerinci tepatnya berada di sebelah Jembatan Kerinduan Kota Sungai Penuh. Jembatan Kerinduan pun tak lupun dari banjir jika musim hujan tiba. Berikut cuplikan video dari gambar diatas, Mobil 4x4 menerjang banjir di jalan tersebut.


Untuk melihat info Kerinci dan Kota Sungai Penuh lainnya, bisa dilihat dibawah postingan ini

Comments